Other Ekskul in my school

SMP Negeri 8 Tasikmalaya mengadakan beberapa kegiatan dalam upaya peningkatan kualitas belajar para siswanya,diantaranya di bagi dalam beberapa kelas khusus seperti:
1. Kegiatan Ekskul :
a. Sains Club
Sains Club merupakan kumpulan atau gabumgan dari siswa-siswa yang gemar dalam sains, baik yang berprestasi maupun yang kurang berprestasi. Bagi siswa yang kurang berprestasi club ini merupakan wadah untuk mendapat pengenalan dan pemahaman tentang sains itu sendiri. Sedabgkan bagi mereka yang sudah lebih memehami club ini merupakan salah satu peluang untuk lebih memperdalam ilmu pengetahuannys khususnya sains. Tujuan utamanya menjadikan siswa lebih memehami ilmu- ilmu pengetahuan sehingga tidak ada alasan siswa buta terhadap sains itu sendiri, dikarenakan sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari- hari.

b. English Club
English Club merupakan perkumpulan siswa- siswa yamg gemar dalam bahasa inggris. Dalam klub ini di perdalam untuk lebih mengenal bagaimana cara menggunakan bahasa inggris dengan baik dan benar. Bagi siswa yang belum paham club ini merupakan tempat yang tepat untuk dapat mempelejarinya. Tujuannya adalah supaya siswa mengetahui akan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Selain itu dapat mempermudah dalam komunikasi, karena jangkauanny sangat luas intinya para siswa tidak bodoh akan bahasa, karna bahasa sangat penting demi keberlangsungan nya sosialisasi.

c. Club Net
Club ini merupakan club yang cukup jarang diminati. Padahal itu merupakan hal yang sangat salah justru merupakan hal yang sangat penting dalam pengetahuan. Karena merupakan suatu pelajaran dalam yang sangatr berpengaruh dalam segala hal terutama menghindari GAPTEK. Salah satu faktor penyebab kurangnya peminat dalam club net ini adalah malas akanmempelajarinya kerena di pikirnya sangatlah sulit, tidak adanya tenaga pengajar yang ekonomis karena harus mengikuti kursus mahal sedangkan iaya tidak ada, juga tidak adanya fasilitas yang memedai karena fikirnya harus bayar warnet. Untuk itu tujuan utama di adakannya club-net ini adalah mempermudah siswa agar dapat mempelajari khususnya tentang komputer. Juga menguabh gaya fikirnya tentang asumsi mahalnya belajar komputer menjadi penting dan mahalnya pengetahuan apabila kita gagap teknologi.

d. Paskibra Club
Paskibra merupakan suatu wadah yang mempelajari bagaimana tatacara menjadi anggota paskibra yang baik dan benar. Dalam club ini di khususkan hanya pemelajaran paskibra, siswa perkenalkan pemahaman paskibra terlebih dahulu, kemudian diajarkan berbagai teknis dasar paskira sampai akhirnya mampu untuk menjadi paskibra yang baik dan banar. Tujuan utamanya adalah untuk memberi pengetahuan yang terperinci dan dapat dipahami serta mampu menjadi anggota paskibra untuk menjadi calon paskibra propesional.

e. PBBAB
Dalam club ini para siswa mendapat pengarahan dalam tatacara melakukan baris- berbaris untuk itu siswa mampu menjadi serang yang terlatih khususnya dalam bidang baris- berbaris. Dalam halini di tujukan agar mampu benar dalam kegiatan baris- erbaris dan bukan hanya tahu saja tami juga mampu untuk menerapkannya nya dalam kehidupan sehari- hari karena dalam pelatuhan paskibra adalah pelatihan kepatuhan atau kedisiplinan dalam menjalankan berbagai hal.

f. Vocal Grup
Vocal grup merupakan wadah pelatihan khisusnya bagi siswa yang gemar bernyanyi . Siswa dilatih agar mampu bernyanyi dengan aturan maksud aturan di sini adalah sesuai dengan ketentuan bernyanyi. Adapu aturan dalam bernyanyi adalah supaya unyi yang di hasilkan merdu dan sesuai. Tujuannya adalah melatih bakat khususnya bakat vokal agar mampu unyuk mengembangkannya lebih dan dapat menjadi sesuatu yang berguna serta bukan sia- sia.

g. Teater
Kelas ini di khususkan untuk siswa yang memiliki bakat dalam seni peran. Siswa bebas erkreasi dan dengan beberapa pengarahan agar menjadi lebih terlatih, mampu dalam menjalankan berbagai peran. Pelatihan yang di berikan selain pemahaman saja juga di tekankan siswa mwmpu untuk berperan daengan aik, tau cara- cara bepearan. Tujuan utamanya adalah melatih bakat agar tidak sia- sia dan memancing potensi yang dimiliki untuk di kembangkan.

2. Kegiatan lainya yang berhubungan dengan keagamaan diantaranya:
a. Pembiasaan Tadarus Al- Quran
Pembiasaan tadarus Al- Quan di tujukan untuk melatih siswa agar selalu ingat kepada Allah SWT, kapanpun dan di manapun. Siswa juga di latih supaya mampu untuk menjaga sikap karena selalu ingat kepada allah SWT.

b. Pelaksanaan Salat jum’at
Pelaksanaan salat Jum’at berjamaah di sekolah di lakukan demi terwujudnya siswa yang patuh terhadap ajaran agama. Karena setidaknya telah melakukan pengawasan terhadap siswa- siswa yang tidak patuh. Dengan demikian juga setidaknya mengurangi tindakan- tindakan pelanggaran bagi para siswanya.

c. Pemiasaan Istigosah
Bagi siswa muslim putri pada hari jum’at diharuskan mengikuti istigosah. Istigosah itu sendiri ditujukan untuk mendekatkan diri kepada allah SWT, juga memberikan siraman rohani agar bisa mennyegarkan jiwa. Pelahan ini juga bertujuan untuk melatih membiasakan diri agar selalu ingat kepada Allah SWT.

d. Pembelajaran
Pembelajaran ini di adakan untuk melatih siswa agar mampu untuk memehami A- Quran. Untuk itu sangatlah penting bagi umat muslim untuk mampu memahami apa saja isi kandungan Al- uran.

e. Pembelajaran Bahasa Arab
Bagi siswa yang ingin mempelajarinya diberikan sebuah sarana untuk mempermudah dalam proses pembelajaraan nya. Tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan berbahasa siswa sehingga menjdi siswa yang efektif.

1 komentar:

KRIYA KREATIF KULIT DAN IMITASI mengatakan...

manttaapp..smg eksistensi para aktifis nedeltaz bisa melahirkan pemimpin2 yg jujur, tangguh dan bertanggung jawab dimasa depan.

amin YRA

-Heri Hermawan- nedeltaz 1999